Kamis, 26 Maret 2015

Pergi ke Masa Lalu Bersama White Shoes and the Couples Company


Haloo wilda kembali. lagi stress bingit sama dunia perskripsian jadi cari pelarian dengan nulis review aja. Cukup dengan curcol satu kalimatnya, kali ini gue mau ngebahas band asal kota ku tercitantah Djakartahhhh,  White shoes and the couple company. Nama yang aneh dan cukup panjang untuk sebuah band.

Band ini dibentuk oleh sepasang kekasih Aprilia Apsari pada posisi vocal/violin & Yusmario Farabi pada posisi gitar rythm lantas mereka mengajak teman satu fakultas yang cukup dekat dengan mereka Saleh pada gitar akustik, dilanjutkan dengan sepasanga suami istri, Ricky pada posisi Bass & Cello serta Mela pada posisi Keyboard, Piano & Viola. Terakhir Ricky mengusulkan untuk merekrut kenalannya, John Navid yang juga dari fakultas musik yang menduduki posisi drummer. Mereka semua berkuliah di IKJ, kampus kesenian di kawasan Jakarta Pusat  yang udah banyak ngelahirin band-band ketjehh kaya NAIF dan Club 80’s. Band beraliran pop/funk/jazz  yang mengusung tema retro tahun 70-an ini terbentuk pada tahun 2002.  
Awal perkenalan gue dengan band ini udah lumayan lama, kira-kira waktu SD (kenapa selalu pas SD?) jaman-jaman gue jadi anak nongkrong MTV (aseeekkk anak nongkrong). MTV waktu itu nayangin video clip WSATCC (gue singkat aja ya, kepanjangan) yang judulnya Windu Defrina. Gue sempet ngira itu lagu jadul karena konsep videonya bener-bener keliatan kaya tahun 70-an banget. Dari kamera, musicnya, sampe style personelnya bener-bener kaya di tahun 70-an. Bener-bener keren dan terkonsep.
Gue emang ga begitu terlalu ngkutin banget band ini. Lagu-lagunya pun ngga banyak gue tau. Belakangan gue lagi tergila-gila banget sama hal-hal yang berbau vintage. Everything about vintage gue jelajahin, dan sampailah gue kepada WSATCC, dan baru menyadari mereka memang bener-benef band yang berkonsep retro secara TOTAL. Dari semua band-band indie yang kenal WSATCC emang juaranya band beraliran retro.
Sari sang vokalis saat tampil bernyanyi kerap menampilkan aksi dance ala-ala 60an yang sampe sekarang gue gatau apa nama dance itu. Semua lagu-lagu mereka juga bener-bener kerasa banget retronya.  Salah satu lagu WSATCC yang gue suka ada “Kisah Dari Selatan Jakarta”. Lagunya easy listening abis, cocok buat nenangin suasana hati yang lagi cekit-cekit gitu (apalagi yang lagi stresin skripsi macem gue). Konsep video clipnya juga ciamik abis. Simple tapi nuansa retronya dapet banget, walau sampe sekarang otak gue gak nyampe sama lirik lagunya. Bahasanya agak berat terus pola kalimatnya agak ngejelimet (maaf otak saya Pentium 1 hiks hiks). But I recommend you heard that song lah!
Sayang lima ribu sayang seperti biasa band ini kurang terkenal di Indonesiah negeri tercintahh kita ini, seperti biasa kuping masyarakat kita belum terbiasa dengan music-music yang non mainstream kaya WSATCC. Tapi jangan salah, walau tidak terkenal di negaranya sendiri WSATCC cukup terkenal di Internasional, terbukti dengan bergabungnya WSATCC dengan  label independen dari Chicago, Minty Fresh.
Band ini bakalan jadi role model gue dalam hal vintage, masih mendalami dunia pervintagean karena baru menyadari kalo hidup gue dari sejak lahir emang udah berhubungan sam hal-hal yang berbau jadul. Sedikit beberapa foto dari WSATCC yang gue dapet dari om google.  Mereka keceeeeeeeeee ><






2 komentar: