Kamis, 07 Mei 2015

The Beatles: Aku dan Mereka




Sebenernya udah lama banget mau ngereview The beatles. Kurang afdol rasanya gue ngereview band-band beraliran retro kalo belum ngereview  band yang jadi inspirasi band-band yang gue review. Yaps, the lagend is The beatles

Kalo  denger The beatles pasti yang ada di benak kalian adalah John Lennon. Padahal The beatles ngga hanya John Lennon, masih ada ketiga personel yang ngga kalah genius seperti Paul McCartney, George Harrison, and Ringo star. Band yang lahir di Liverpool tahuan 60an ini dulunya bernama The Quarryman. Pendiri awal band ini adalah dua orang sahabat yang tak lain dan tak bukan John Lennon dan Paul McCartney, di lanjutkan dengan George Horrison, Stuart Sutcliffe dan terakhir, untuk posisi drum mereka mengadakan audisi dan terpilihlah Pete Best menjadi drummer band ini. 

The beatles pada awal kemunculannya langsung terkenal di Jerman lewat penampilannya di beberapa club di kota Humburg. Mereka cukup banyak memiliki penggemar di Humburg sampai suatu saat George Horrison harus dideportasi dari Jerman karena terbukti belum cukup umur untuk manggung di club malam (Biografinya gue persingkat aja ya soalnya bakalan panjang kalo diceritain dan gue juga agak-agak lupa) Singkat cerita the Beatles harus kembali ke Liverpool namun salah satu personel mereka memilih untuk tetap di Hamburg untuk melanjutkan studi dan dapet pacar juga disana (cinlok ceritanya, tapi ngga lama doi meninggal karena suatu penyakit ). Setelah kemabali ke Liverpool nama The beatles jadi makin terkenal dan mereka akhirnya mendapatkan kontrak dengan salah satu studio rekaman disana. Karena pihak label kurang suka sama permainan drum Pete, akhirnya posisi Pete digantikan oleh drummer pilihan label yaitu Ringo Star. Akhirnya jadilah formasi utuh The Beatles yang dikenal hingga saat ini.  

Banyak yang bilang kalo the Beatles itu terpinspirasi sama the Tielman Brothers (band tertua asal Indonesia yang cukup terkenal di Eropa) tapi sebenernya the Beatles sama The Tielman Brothers itu sama-sama terinspirasi dengan musisi yang sama. Oia buat yang belum tau The Tielaman Brothers, mereka adalah band asal Indonesia yang hijrah ke Belanda dan cukup terkenal disana. Orang belanda lebih mengenal aliran music mereka dengan sebutan indorock perpaduan antara music indo dengan campuran music barat, dan yang buat mereka lebih unik lagi adalah kepiawaian bermain music mereka yang agak-agak akrobatik. Untuk yang belum tau boleh search tentang mereka di youtube. Kerenlah pokoknya (loh kok jadi ngomongin band lain -_-)


Kalau ditanya sejak kapan gue tau the Beatles, jawaban gue adalah sejak gue lahir. Karena memang keluarga gue adalah pencinta the Beatles. Dari nyokap, bokap, dan kedua abang gue adalah fans dari band ini. Dan abang pertama gue adalah big fans dari the Beatles diantara semua anggota keluarga gue. Sampai-sampai doi ngoleksi semua kaset the beatles lengkap kap kap dari album awal sampai album terakhir mereka!!! Dari gue lahir gue udah sering banget didengerin lagu-lagunya the Beatles, makanya kuping gue ini udah biasa banget sama hal-hal yang bebau jadul. Kalo ditanya judul-judul lagu the Beatles sebenrnya gue kurang begitu tau karna waktu kecil gue cuma dengerin doang dan ngga pernah nanya-nanya lebih lanjut tentang the Bealtes ke abang gue, tapi kalo denger lagunya, gue pasti akan tau kalo itu adalah lag the Beatles. Cuma ada banyak artikel dari majalah-majalah yang dikumpulin abang gue tentang the Beatles (Jaman gue kecil dulu belum internet belum popular apalagi google) jadi sering baca-baca dan mulai tau-tau sedikit tentang the Beatles.

Fans the Beatles sampai saat ini masih terbilang sbanyak, even band ini udah bubar hampir empat puluh tahun yang lalu. Fans dari the beatles ngga Cuma nenek-nenek atau kakek-kakek yang dulu pernah muda waktu the Beatles masih ada. Anak muda sampai anak kecil pun banyak yang menggemari band ini. Bahkan waktu gue magang di salah satu Sekolah Dasar di kawasan menteng, anak murid gue nanyain tote bag yang gue pake yang kebetulan bertuliskan the Beatles, doi nanya gue fans te Beatles ya, soalnya dia bilang dia juga suka, alhasil kita berdua malah karaokean lagu the Beatles. Bahkan orang yang gak suka the beatles pun pasti tau satu atau dua lagu the Beatles, karena memang banyak banget lagu mereka yang popular.

Oia hebatnya band ini, semua personel Beatles adalah vokalis, walaupun kebanyakan lagu mereka dinyanyiin sama om Paul dan om Lennon. Karena itu banyak lagu-lagu Beatles kedengeran ngga sepi,  karena semua personelnya nyanyi meskipun cuma jadi backing vocal. Ringo Star pernah ngisi salah satu lagu di album beatles yaitu Yellow Submarine yang lagunya juga jadi sountrack film sedangkan George nyanyiin lagu Something. Ada banyak film yang berbau Beatles kaya film Nowhere Boys yang menceritakan tentang awal terbentuknya Beatles yang dulu bernama The Quaryman, atau film I’m Sam yang menceritakan tentang seorang bapak yang autis yang ngefans banget sama Beatles sampe dia ngasih nama anaknya Lucy (salah satu lagu Beatles “Lucy in The Sky With Diamond).

Banyak teori konspirasi tentang Beatles. Gue sempet baca disalah satu buku yang gue temuin di gramedia (numpang baca aja tapi ngga beli hahaha) katanya Paul itu sebenernya udah meninggal karena kecelakaan mobil dan paul yang ada sekarang ini cuma orang yang mukanya mirip sama Paul, banyak petunjuk tentang kematian Paul ini, dari lagu Black Bird, cover album Beatles yang melegenda di Abbey Road. Disitu Paul terlihat ngga pake sepatu yang menurut kepercayaan orang inggris adalah penghormatan untuk orang yang sudah meninggal. Masih banyak banget teori konspirasi tentang kematian Paul, tapi gue lupa-lupa inget bukti-buktinya. Adalagi yang bilang kalo lagu Lucy in the Sky with Diamonds itu diciptain Lennon terinspirasi dari obat-obatan terlarang (yang gue tau lagu ini dibuat Lennon untuk manusia purba wanita pertama yang ditemuin dan dinamain Lucy -_-)

Di Indonesia banyak juga artis-artis yang terinspirasi sama beatles. Ahmad Dhani and David Bayu adalah beberapa artis Indonesia yang mengidolakan the Beatles. Banyak band-band di Indonesia yang gayanya terinspirasi dengan Beatles, contohnya the Changcuters dan the Benery. Adalah band G Pluck yang merepukan band jiplakan The Beatles. G-plcuk atau bisa dibaca jiplak atau meniru. Mereka memang bisa dibilang meniru Beatles, mulai dari cara berpakaian, gaya menyanyi memang dibuat sebisa mungkin mirip dengan idola mereka itu. Band yang terbentuk di awal tahun 200an ini beranggotakan Awan Garnida (vokal, Bass Guitar) berperan sebagai Paul McCartney, Adnan Sigit (vokal, Rhythm) sebagai John Lennon, Wawan HID (vokal, Lead Guitar) sebagai George Harrison dan Beni Pratama (Vokal, Drums & Percussion) sebagai Ringo Starr. G-Pluck Beatles Band adalah salah satu dari sekian banyak band yang mengenang The Beatles dan menjadi band cover yang cukup terkenal di Indonesia.
Image result for g-pluck beatles band 



Beberapa poin tentang the Beatles yang gue tau, CMIW ya
  • 1.    Semua personel the Beatles itu pernah bercerai. Paul ngga bercerai sama istri pertamya Linda, doi ditinggal mati barulah setelah itu doi menikah lagi tapi bercerai ngga lama setelah menikah dan dia menikah lagi sama model yang dua puluh tahun lebih muda dariya.
  • Semua anggota Beatles ngga bisa baca not balok. Tapi hebatnya mereka bisa buat lagu yang menjadi legenda sampai saat ini.
  • Hingga saat ini personel Beatles yang tersisa hanya Paul dan Ringo. Lennon meninggal karena dibunuh oleh fansnya sendiri sedangkan George meninggal karna sakit diawal tahun 2000an.
  •  Lagu Yesterday menjadi lagu paling popular dari Beatles. lagu Yesterday ini dibuat waktu Paul sama Lennon lagi kangen sama nyokap mereka yang kebetulan sudah alm.
  • Belum lama ini lagu Hey Jude dinobatkan menjadi lagu dengan lirik terbaik.
  • Lagu Across the Universe dibuat waktu lennon abis berantem sama istri pertamanya. Makanya ada lirik “nothing gonna change my world”.
  •  Istri pertama George menikah sama Eric Clapton, dan faktanya Eric Clapton itu sahabatan sama Geoge (berbagi istri hahaha).
  •  Sampai istri Paul meninggal doi masih dendam kusumat sama Yoko Ono karena udah ngebuat persahabatan Paul sama Lennon merenggang.
  •  Paul sama Yoko belum lama ini berdamai. Paul menganggap Yoko yang membuat Beatles ini akhirnya bubar. 
  • Semua anggota Beatles ini punya guru spiritual di India. Mereka pernah bermediatasi beberapa bulan di india. Dan perjalanan mereka di India di dokumentasikan pada video clip Across the Universe. Setelah pulang dari India semua anggota kompakan numbuhin kumis.
  •  Lagu Twist and Shout dibuat Lennon karena ketidaksukaan doi dengan ratu Inggris, makanya waktu doi dapet gelar kehormatan dari kerajaan Inggris doi biasa aja. 
  • Belum lama ini Paul dan George ngadain konser tribute Beatles, dan disitu ada si nenek sisir Yoko. 
  • Lennon dan Yoko pindah kewarganegaraan menjadi warga Negara Amerika, dan setelah itu doi menjadi aktivis perdamaian. Terlihat dari lagunya yang berjudul “Give peace a change” bentuk protes Lennon terhadap pemerintah Amerika yang kala itu sedang berperang dengan Vietnam.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar